Headlines News :
Home » , » Ayo Tunjukkan Karya Esai Terbaikmu di National Essay Competition 2015 HIMAGRO FAPERTA UNHAS

Ayo Tunjukkan Karya Esai Terbaikmu di National Essay Competition 2015 HIMAGRO FAPERTA UNHAS

Written By Al Az Ari on Rabu, 22 April 2015 | 20.01

NATIONAL ESSAY COMPETITION



Sebutan sebagai negara swasembada pangan dulu sempat disematkan pada Indonesia. Julukan ini semakin memudar seiring menurunnya produksi pertanian karena rendahnya minat masyarakat pada sektor ini. Dilihat dari luas wilayahnya, Indonesia tentu tidak bisa dibandingkan dengan Vietnam atau Thailand. Namun, dua negara tersebut mampu memaksimalkan luas wilayahnya untuk memproduksi  pertanian khususnya beras. Berbagai kebijakan diterbitkan antara lain pembukaan lahan baru, diversifikasi pangan guna mengurangi ketergantungan terhadap beras, teknologi  baru, dan lain sebagainya. Tapi buktinya pemerintah masih melakukan impor beras dari vietnam dan thailand. 
Salah satu kendala massive pertanian adalah regenerasi petani di Indonesia. Minimnya regenerasi petani akan berdampak pada produktivitas lahan dan berujung pada kesulitan mencapai swasembada pangan. Masalah regenerasi petani semakin kentara jika dilihat dari penurunan jumlah tenaga kerja muda di pertanian. Jumlah petani usia muda (15-24 tahun) mengalami penurunan lebih besar dibandingkan dengan jumlah petani usia tua. Jumlah petani usia muda pada 2004 sebesar 5,95 juta menurun menjadi 5,02 juta pada tahun 2012 (BPS, 2005 dan 2013). Angkatan kerja muda tidak lagi berminat bekerja sebagai petani dan memilih bekerja di sektor lain yang dianggap lebih menjanjikan secara ekonomi. Suatu keputusan logis karena pertanian memang tidak memberikan jaminan kehidupan yang layak bagi pekerja.
Berkenaan dengan keadaan terkini dari sektor pertanian , oleh karena itu diperlukan pemikiran-pemikiran para generasi muda penerus bangsa, dalam hal ini mahasiswa untuk mrncapai swasembada pangan berkelanjutan. Pemikiran tersebut tentunya dapat berupa gagasan-gagasan tertulis dalam bentuk essay ilmiah. Melalui National Essay Competition (NEC) 2015.
National Essay Competition (NEC) 2015 merupakan kegiatan yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Agronomi (HIMAGRO) Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin  

AYO GENERASI MUDA TUNJUKKAN KREATIVITASMU ! 
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

jadilah bagian dari seribu orang yang menyukai blog ini, dengan mengikuti kami di Laman Facebook. Budidaya Pertanian, mengenai kritik dan saran kami sangat mengharapkan demi sempurnanya informasi yang kami sampaikan
 
Support : Facebook: AL AZ ARI/'>Ari Sandria | Agronomi Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. AGRONOMI UNHAS - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template